Selamat datang di blog Jhon Ferizal

Rabu, 18 April 2018

Model Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw

Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw
Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw adalah salah satu model pembelajaran yang menitik beratkan kepada kerja kelompok dengan siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil, seperti yang diungkapkan oleh Lie (1993: 73) bahwa Pemberlajaran Kooperatif Model Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas 4 atau 6 orang secara heterogen dan siswa bekerjasama saling bergantungan dan bertanggung jawab secara mandiri.

dalam pembelajaran model jigsaw ini siswa memiliki banyak kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan mengolah informasi yang didapat dan dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi, anggota kelompok bertanggung jawab dalam atas keberhasilan kelompoknya dan menuntaskan bagian materi serta menyampaikan kepada kelompoknya (Rusman 2008:203).

Langkah - langkah Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw
Menurut Rusman (2008:205) Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dikenal juga model kooperatif para ahli, karena setiap anggota kelompok dihadapkan dengan permasalahan yang berbeda, namun  permasalahan yang dihadapi oleh setiap kelompok sama, salah seorang dari setiap kelompok berkumpul sebagai tim ahli yang bertugas membahas permasalahan yang dihadapi, selanjutnya hasil pembahasan itu dibawa ke kelompok asal kemudian disamapaikan kepada anggota kelompoknya.

Secara umum Kegiatan yang dilakukan dalam Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw adalah sebagai berikut :
1. Menggali informasi
    Pada kegiatan ini siswa memperoleh topik - topik permasalahan untuk mendapatkan informasi dari permasalahan  tersebut.
2. Diskusi kelompok
    Siswa yang sudah mendapatkan topik permasalahan yang sama berkumpul dalam satu kelompok atau disebut sebagai kelompok ahli untuk membicarakan topik permasalahan tersebut,
3. Laporan Kelompok
    Masing siswa sebagai utusan dari keompok ahli kembali ke kelompok asal dan menjelaskan hasil pembahasan yang didapat dari kelompok ahli.
4. Kuis dilakukan mencakup semua topik permasalahan yang dibicarakan tadi
5. Perhitungan skor kelompok dan pernghargaan kelompok.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar